Rabu, 09 Juni 2010

Ringkasan Hasil Penelitian



EVALUASI KURIKULUM JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM TAHUN 2005
FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

1. LATAR BELAKANG MASALAH


Telah dilakukan pengembangan kurikulum seluruh program studi di lingkungan UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2005, hal ini dilakukan sebagai upaya penyesuaian adanya perubahan IAIN Sunan kalijaga menjadi UIN Sunan Kaliajaga Yogyakarta telah terjadi perubahan diberbagai perangkat pendidikan diantaranya adalah kurikulum, kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannnya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di perguruan Tinggi
Adapun salah satu Fakultas yang ada adalah Fakultas Tarbiyah memiliki empat program studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Kependidikan Islam secara serempak kurikulum 2005 telah diimplementasi tahun 2007
Jurusan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah hanya Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga berkenanan dengan evaluasi kurikulum, bagaimana standar kompetensi yang telah dirumusakan dalam dokumen kurikulum yang merupakan kurkulum ideal UIN Sunan Kalijaga dapata terrealisir..

Pada Tahun akademik 2009/2010 implementasi kurikulum di jurusan Kependidikan Islam masih terus berlangsung sudah dua tahun sejak diimplemntasikan tetapi menuai krit bahwa output atau lulusan jurusan Kependidikan Islam, memiliki kompetensi lulusan yang sama dengan lulusan jurusan Pendidikan Agama Islam yaitu memiliki kompetensi sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) , meskipun secara ideal output jurusan Kependidikan Islam memiliki kompetensi yang berbeda dengan output jurusan Pendidikan Agama Islam.
Untuk memahami persoalan dokumen sebagai kurikulum ideal dan implementasi kurikulum sebagai kurikulum aktual dijurusan Kependidikan Islam, maka peneliti akan mengevaluasi terhadap kurikulum ideal berupa dokumen kurikulum, serta implementasinya yang merupakan kurikulum aktual atau pelaksanaannya, menggunakan model countenance Stake terdiri atas dua matriks yaitu matriks deskripsi dan matriks pertimbangan, setiap matrik terdiri atas dua dua kategori dan tiga bagian, berupa keadaan sebelum disebut anticedent, kegiatan berlangsungdisebut transaksi atau proses dan hasil adalah merupakan kemampuan yang diperoleh peserta didik. Kemudian juga ada konsep contingency dan congruence yang merupakan konsep yang mempelihatkan keterkaitan dan keterhubungan antara bagian dalam matrik, diharapkan akan diperoleh informasi adakah kesesuaian kurikulm ideal dan kurikulum aktual jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

2. RUMUSAN MASALAH

a. Bagaimana dokumen ideal kurikulum Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2005
b. Bagaimana dokumen implementasi kurikulum Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2005
c. Bagaimana kesesuaian dokumen ideal dengan implementasi kurikulum Jurusan Kependidikan Islam Fakutas Tarbiyah UIN Sunan kalijaga Yogyakarta
3. TUJUAN DAN KEGUNAAN
a. Penelitian ini bertujuan
1) Untuk mengetahui deskripsi kurikulum jurusan Kependidikan Islam :
2) Untuk menyediakan informasi tentang implementasi kurikulum Jurusan Kependidikan Islam dalam kurikulum 2005
3) Untuk menyediakan informasi tentang kesesuaian kurikulum ideal dan kurikulum aktual
b. Kegunaan Penelitian ini :
Memberikan informasi kepada pengelola jurusan Kependidikan Islam tentang hasil evaluasi kurikulum kurikulum jurusan Kependidikan Islam

4. TINJAUAN PUSTAKA

Mulabbiyah, Evaluasi pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur, Tesis, tidak diterbitkan, Pasca Sarjana UNY Yk Yogyakarta,2006 Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan didukung oleh pendektan kualitatif, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi formatif, subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SMAN I Selong dan SMAN I Masbagik, hasil penelitian menunjukkah bahwa: 1. Kepala sekolah di dua sekolah tersebut belum sepenuhnya siap melaksanakan KBK; guru-guru di kedua sekolah terebut belum siap melaksaakan KBK, 3. sarana dan prasarana di SMAN Selong sudah cukup memadai ,4. Perencanaan kegiatan pembelajaran sudah baik, yaitu dipersiapkan setiap awal tahun pembelajaran, 5. pelaksaan kegiatan pembelajaran tergolong baik, pelaksanaan kegiatan penilaian di SMAN I Selong sudah sangat baik, hasil belajar, 6. pelaksanaan program remedial dan pengayaan di kdua sekolah masih tergolong kurang baik,
Hamid Muhammad (2004) Implementasi kurikulum 2004 pembelajaran Agama Islam di SMA 7 Yogykarta, menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2004 pembelajaran Agama Islam di SMA 7 Yogyakarta telah cukup baik, Kedisiplinan guru Agama Islam dalam persiapan pembelajaran cukup baik, tetapi perlu ditingkatkan, proses pembelajaran cukup lancar karena didukung oleh siswa dan media pembelajaran, dengan metode pembelajaran ceramah, penugasan, diskusi, permainan , praktik,cerita dan pembiasaan, penilaian hasil belajar cukup lancar yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, tetapi ada kesulitan dalam penilain semua ranah yang ada pada semua siswa,
Kasmah, Evaluasi Penyelenggaraan Madrasah di PP Al-Ikhlas Ujung Kabuaten Bone Sulawesi Selatan, Tesis tidak diterbitkan, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2008 mengunakana CIPP


5. LANDASAN TEORI
a. Evaluasi
Evaluasi (Evaluation) berasal dari kata kerja to evalution yang berarti menilai. Evaluasi adalah penentuan nilai sesuatu.
Menurut Worthen dan Sanders(1973) dikutip Warijan dkk, bahwa evaluasi mencakup usaha-usaha mencari dan mengumpulkan keterangan-keterangan (informasi) yang akan dijadikan dasar menilai suatu program, hasil, prosedur, tujuan (Objectives), atau manfaat berbagai cara pendekatan (alternative approaches) untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.

a. Kurikulum
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.
Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian hasil belajar mahasiswa disebutkan bahwa kurikulum pendidikan tinggi didasarkan pada pendekatan kompetensi program studi yang berorientasi internasional dan globalisasi. Selanjutnya dalam keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan Tinggi disebutkan bahwa yang dimaksud kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu.
Pengembangan kurikulum yang didasarkan pada kompetensi program studi terdiri atas :1. kompetensi utama; 2. kompetensi pendukung dan 3 kompetensi lain. Kompetensi tersebut terdiri atas elemen-elemen sebagai berikut:
a. Landasan kepribadian
b. Penguasaan ilmu dan ketrampilan
c. Kemampuan berkarya
d. Sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dikuasai
e. Pemahaman kaidah berkepribadian dan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dan berkarya.

2. Evaluasi Kurikulum
Evaluasi (Evaluation) berasal dari kata kerja to evalution yang berarti menilai. Evaluasi adalah penentuan nilai sesuatu.
Menurut Worthen dan Sanders(1973) dikutip Warijan dkk, bahwa evaluasi mencakup usaha-usaha mencari dan mengumpulkan keterangan-keterangan (informasi) yang akan dijadikan dasar menilai suatu program, hasil, prosedur, tujuan (Objectives), atau manfaat berbagai cara pendekatan (alternative approaches) untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
Evaluasi kurikulum merupakan kegiatan yang luas, kompleks dan terus menerus untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan sistem pendidikan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, termasuk komponen-komponen kurikulum untuk dievaluasi
Evaluasi kurikulum pada dasarnya adalah penilaian program pendidikan, yang dapat dilakukan penilaian terhadap kurikulum ideal dan penilaian terhadap kurikulum aktual, penilaian kurikulum ideal dilakukan terhadap tujuan-tujuan kurikulum, isi bahan/ bidang studi dan pedoman-pedoman pelaksanaan kurikulum, sedangkan penilaian terhadap kurikulum aktual adalah penilaian terhadap pelaksanaan kurikulum apakah telah sesuai dengan kurkulum ideal (kurikulum yang yang telah disusun dalam buku kurikulum dan pedoman pelaksanaannya) kriteria keberhasilan dalam penilaian ini adalah membandingkan apa yang dapat dilaksanakana dengan apa yang seharusnya dilaksanakan sesuai dengan buku atau dokumen kurikulum
Tujuan dari penilaian baik kurikulum potensial maupun aktual ditujukan untuk: a. mengambil keputusan tentang penetapan pilihan dan adaptasi kurikulum sebagai program belajar untuk peseta didik b.untuk menyempurnakan kurikulum itu sendiri terutama pelaksanaan pembinaan dan pengembangan lebih lanjut.
Model evaluasi merupakan rancangan yang akan dipakai untuk melakukan evaluasi terhadap suatu program, para ahli evaluasi telah menyusun model yang beragam, diantaranya :
Model evaluasi Formatif dan Sumatif yang dikembangkan oleh Michael Scriven dikutip Mulabbiyah, Evaluasi formatif merupakan evaluasi yang dilaksanakan ketika program masih berjalan, tujuan evaluasi formatif tersebut adalah mengetahui sejauhmana program yang dirancang dapat berlangsung, sekaligus mengidentifikasi hambatan, diketahui hambatan dan hal-hal yang menyebabkan program tidak berjalan, pengambilan keputusan secara dini dapat mengadakan perbaikan yang mendukung kelancaran pencapaian tujuan program. Evaluasi sumatif dilakukan setelah program berakhir, tujuan dari evaluasi sumatif adalah untuk mengukur ketercapaian program.
Dalam penelitian ini menggunakan Model Countenance Stake, model Stake menekankan pada pelaksanaan dua hal pokok, yaitu deskripsi (description) dan pertimbangan (judgements), serta membedakan ada tiga tahapan dalam evaluasi program yaitu anteseden, transaksi dan hasil. Model ini dikenal juga dengan nama model countenance model Model evaluasi yang digunakan dalam model countenance Stake merupakan model evaluasi kurikulum yang dikembangkan Stake dengan pendekatan kualitatif.
Sedangan menurut Hamid Hasan dijelaskan bahwa model countenance Stake terdiri atas dua matrik , matrik pertama disebut matrik deskripsi dan yang kedua disebut matrik pertimbangan, setiap matrik terdiri atas dua kategori dan tiga bagian, matrik deskripsi terdiri atas kategori rencana(intent) dan observasi, matrik pertimbangan terdiri atas kategori standar dan pertimbangan, masing-masing meliputi tiga bagian yaitu antecedents, transactions dan hasil
Kategori pertama dari matrik deskripsi adalah sesuatu yang direncanakan (inten) kurikulum atau program, dalam kontek jurusan Kependidikan Islam adalah Kurikulum jurusan KI tahun 2005, dan matrik observasi adalah segala yang berhubungan dengan implementasi kurikulum
Kategori kedua merupakan matrik pertimbangan terdiri atas standar/kriteria dan pertimbangan, dalam penyusunan kriteria menggunakan pendekatan kriteria fidelity yaitu pendekatan dimana dalam menyusun kriteria yang dikembangkan adalah dari karakteristik kurikulum itu sendiri, kriteria fidelity digunakan mengetahui berapa besar komponen kurikulum telah terlaksana.
Adapun analisis data menggunakan analisis contingency (keterkaitan) congruence (kesesuaian), contingency (keterkaitan) terdiri atas contingency logis dan contingency empirik, contingecy logis adalah hasil pertimbangan evaluator terhadap keterkaitan/keselarasan logis antara kotak anticedents, transaksi dan hasil. Sedangkan congruence (kesesuaian) adalah adakah kesesuaian antara apa yang direncanakan dengan apa yang terjadi di lapangan.
Langkah-langkah evaluasi model stake meliputi:
Pertama, pengumpulan data tentang diskripsi intens (tujuan) dan kondisi awal (anticedent, transaksi dan hasil) data di peroleh dari dokumen kurikulum.
Kedua, pengumpulan data hasil observasi implementasi kurikulum jurusan Kependidikan Islam juga meliputi Antecedent, transaksi dan hasil, Untuk hasil observasi dapat dijelaskan bahwa dari struktur kurikulum yang ada dalam dokumen ideal.
Ketiga, Analisis menggunakan analisis contingency (keterkaitan) congruence (kesesuaian).
.
6. METODE PENELITIAN

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan
Pendekatan kualitatif, Model evaluasi yang digunakan adalah Model Countenance Stake merupakan model evaluasi kurikulum yang dikembangkan Stake dengan pendekatan kualitatif. Menekankan pada deskripsi (description) dan pertimbangan (judgements), serta membedakan ada tiga tahapan dalam evaluasi program yaitu anteseden, transaksi dan hasil. dalam penyusunan pertimbangan, kriteria menggunakan pendekatan kriteria fidelity yaitu pendekatan dimana dalam menyusun kriteria dikembangkan dari karakteristik kurikulum itu sendiri, kriteria fidelity digunakan untuk mengetahui berapa besar komponen kurikulum telah terlaksana.
Adapun Analisisi contingency terdiri atas continegncy logis dan contingency empirik, contingecy logis adalah hasil pertimbangan evaluator terhadap keterkaitan/keselarasan logis antara kotak anticedents dengan transasksi dan hasil .Sedangkan congruence adalah perbedaan yang terjadi antara apa yang direncanakan dengan apa yang terjadi di lapangan..

Instrumen penelitian berupa kriteria evaluasi disusun berdasar kurikulum yang diteliti sebagai berikut: 1.Kerangka Dasar berupa kerangka dasar Filosofis, landasar soisologis, 2. profil jurusan Kependidikan Islam, 3. Kompetensi lulusan Program Studi meliputi; Standar kompetensi Lulusan Program studi dan Kompetensi Dasar Program Studi, 4. Sebaran mata kuliah di dalam struktur kurikulum meliputi: Kurikulum inti umum, kurikulum Institusional umum,Kurikulum Inti Khusus dan Kurikulum Institusional Khusus




Adapun fokus evaluasi dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan verstehen (wawasan dan pemahaman) terhadap deskripsi kurikulum, implementasi dan kesesuaian diskripsi dan implementasi kurikulum jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2005 yang ada dalam dokumen kurikulum ideal.
Obyek Penelitian adalah dokumen kurikulum dan implementasi kurikulum Jurusan Kependidikan Islam tahun 2005, Subyek Penelitian adalah Pelaksana kurikulum di Jurusan Kependidikan Islam
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi Metode dokumentasi, observasi dan wawancara, dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dalam bentuk dokumen terkait dengan kurikulum jurusan Kependidikan Islam,kurikulum Fakultas Tarbiyah dan kurikulum universitas Islam Negeri Sunan Kalaijaga Yogyakara yang masih berlaku., observasi mengamti keseseuaian antar komponen dalam dokumen kurikulum, dan wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dari para pelaksana kurikulum Fakulutas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Analisis data menggunakan analisis contingency (keterkaitan) congruence (kesesuaian). contingency (keterkaitan) terdiri atas contingency logis dan contingency empirik, contingecy logis adalah hasil pertimbangan evaluator terhadap keterkaitan/keselarasan logis antara kotak anticedents, transaksi dan hasil. Sedangkan congruence (kesesuaian) adalah adakah kesesuaian antara apa yang direncanakan dengan apa yang terjadi di lapangan.

Data yang telah terkumpul disusun sebagaimana dikemukakan oleh Lexy J.Moleong dengan tahap, pertama menelaah seluruh data yang diperoleh dari lapangan, kedua mereduksi data dengan jalan membuat abstraksi yan merupakan rangkuman atas data yang dipergunakan; ketiga, menyusun data dalam satuan-satuan secara kategoris dengan membuat koding, Keempat: Memeriksa keabsahan data dan menafsirkan.


B. HASIL PENELITIAN

1. GAMBARAN UMUM KURIKULUM JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM

Dalam menjelaskan gambaran umum kurikulum Jurusan Kependidikan Islam tahun 2005 , tidak bisa lepas dari dokumen kurikulum UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah dan jurusan Kependidikan Islam, karena jurusan kependidikan Islam adalah salah satu jurusan yang ada di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Dan Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Pada tahun 2006 di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah disusun dokumen kurikulum meliputi:
Pertama: buku Kerangka Dasar keilmuan dan Pengembangan KurikulumUniversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta (2006)
Kedua, buku Kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2006)
Ketiga , buku kompetensi program studi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2006
Ketiga buku tersebut merupakan dokumen kurikulum yang disusun oleh Pokja Akadmik UIN Sunan Kailjaga, sebagai sumber primer yang digunakan untuk menjelaskan kurikulum Jurusan Kependidikan Islam,tidak dapat dilepaskan dari kontek pengembangan kurikulum di Universitas Islam Negeri UIN Sunan Kalijaga, yaitu adanya perubahan dari IAIN menjadi UIN yang dideklarasikan pada tanggal 14 Oktober 2004, sebagai tindak lanjut dari SK Presiden No. 50 Tahun 2004 tangal 21 Juni 2004, mengupayakan mengubah paradigma keilmuan baru yang bersifat integratif dan interkonektif, sebagai dasar pengembangan kurikulum, mulai dari merumuskan kerangka dasar keilmuan yang menjadi paradigma bagi pengembamgan kurikulum seluruh program studi.
Penyusunan kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2005 ini, juga didahului dengan telaah kurikulum sebelumnya kurikulum IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2000, dengan melakukan beberapa kegiatan antara lain evaluasi kurikulum, review kurikulum, redesain kurikulum, pembahasan, dan proses penyelesaian akhir.
Kerangka dasar akademik kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogykakarta adalah kerangka paradigma keilmuan integrasi intekoneksi, merupakan suatu konsep filosofis yang ideal yang digambarkan dengan jaring laba-laba, diharapkan adanya dialog keilmuan wilayah internal ilmu-ilmu keislaman, dikembangkan melalui integrasi intekoneksi dengan ilmu umum baik pada bidang ilmu Humaniora, ilm sosial, maupun ilmu-ilmu kealaman, dengan AL-Qur’an dan al-Sunnah sebagai sentral keilmuan. Adapun landasan sebagai dasar integrasi interkoneksi ilmu adalah landasan teologis, filosofis, kultural, sosiologis, dan psikologis. .
Kerangka dasar pengembangan kurikulum, bahwa kurikulum UIN Sunan Kalijaga berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor:232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian hasil belajar Mahasiswa disebutkan bahwa kurikulum Pendidikan Tinggi didasarkan pada pendekatan kompetensi program studi yang berorientsi internasional dan globalisasi.
Pengembangan kurikulum didasarkan pada kompetensi program studi terdiri atas kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lain, kompetensi tersebut terdiri atas elemen-elemen: a. Landasan kepribadian, b.penguasaann ilmu dan ketrampilan, c.kemampuan berkarya, d.sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dikuasai, e. Pemahaman kaidah berkepribadian dan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya
Elemen kompetensi ini kemudian diimplementasikan ke dalam lima kelompok mata kuliah, 1) kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK), 2) Kelompok mata kuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK), 3) Mata kuliah keahlian berkarya (MKB, 4) matakuliah perilaku berkarya (MPB) dan 5) matakuliah Berkehiduan bermasyarakat
Kurikulum yang meliputi kompetensi utama dan kompetensi pendukung serta kompetensi lain dikembangkan dengan perbandingan beban ekuivalen dalam bentuk satuan kredit semester (SKS) yang beban dan masa studinya dituangkan dalam bentuk satuan kredit semester (SKS)
Profil lulusan, setiap program studi memiliki kurikulum sesuai dengan profil kompetensi lulusannya. Profil kompetensi lulusan program menampilkan 1) Nama program studi, 2) Nama Fakultas, 3) profesi utama, 4) alternatif profesi lulusan, 5) Kompetensi lulusan, 6) Indikator kompetensi, 7) proses integrasi kompetensi dalam mata kuliah, 8) mata kuliah kompetensi utama dan gelar akademik.
Struktur kurikulum disusun berdasar keputusan mendiknas no. 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian Hasil belajar Mahasiswa dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional no. 045/U/2002 tentang kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, UIN Sunan Kalijaga menetapkan struktur kurikulum sebagai berikut:
1. Kurikulum inti umum
2. kurikulum Institusional umum
3. Kurikulum Inti Khusus
4. Kurikulum Institusional Khusus
Berdasar keputusan rapat lokakarya redesain kurikulum tanggal 13 Agustus 2005 dan disepakati sebagai berikut:

1. Mata Kuliah inti umum berjumlah 10 (sepuluh) mata kuliah masing-masing 2 sks
No. Nama mata kuliah SKS
1 Bahasa Arab 2
2 Bahasa Inggris 2
3 Bahasa Indonesia 2
4 Pancasila dan kewarganegaraan 2
5 Al-Qur’an 2
6 Al-Hadits 2
7 Fiqh & Ushul Fiqh 2
8 SKI 2
9 Tauhid 2
10 Akhlaq/Tasawuf 2
Jumlah 20

2. Mata Kuliah Institusional umum.

No. Nama Mata Kuliah SKS
1 Pengantar Studi Islam 2
2 Islam dan Budaya Lokal 2
3 Filsafat Ilmu 2
Jumlah 6

2. Mata Kuliah Inti Khusus. Pada kelompok mata kuliah ini dibagi kedalam jenis kompetensi, yakni kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya, maka struktur mata kuliah inti khusus menjadi:
a. Kurikulum Inti Khusus Utama
b. Kurikulum Inti Khusus Pendukung
c. Kurikulum Inti Khusus Lainnya

Berikut ini adalah Kerangka Dasar kurikulum Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogykarta dikutip dari buku Kompetensi Program Studi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

KOMPETENSI PROGRAM STUDI
KEPENDIDIKAN ISLAM (KI)

A. Visi, Misi Dan Tujuan
Visi Unggul dan terkemuka dalam bidang kependidikan berbasis keislaman dan keilmuan bagi peradaban



Misi 1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kependidikan Islam
2. Mengembangkan penelitian dalam bidang pemikiran kependidikan Islam
3. Meningkatkan peran serta jurusan dalam bidang pemikiran
4. Meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang kependidikan Islam.


Tujuan 1. Menyiapkan sarjana yang profesional dalam bidang pemikiran dan pengembangan pendidikan Islam
2. Menyiapkan sarjana yang profesional dalam bidang manajemen pendidikan, supervisi pendidikan dan bimbingan konseling pendidikan

B. Isu-isu Strategis
Jenis Identifikasi
Isu-isu global Kompetisi bebas dalam pengelolaan institusi pendidikan.
Isu-isu nasional Penjaminan standar mutu keseluruhan dimensi pengelolaan lembaga pendidikan, kapitalisme pendidikan, pendidikan multicultural
Isu-isu lokal Elitisme menimbulkan kesenjangan sosial ekonomi dan politik, meskipun mutu lulusan terjamin baik, sebaliknya populisme cenderung menimbulkan pengangguran karena lulusan kurang/tidak bermutu. Untuk itu diperlukan integralisme
Isu-isu jangka panjang Perkembangan sains dan teknologi, Hak Asasi Manusia (HAM), demokrasi dan civil society
Isu-isu jangka menengah Persaingan mutu pendidikan bertaraf internasional, School Based Management (SBM) atau Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), dan Total Quality Management (TQM)
Isu-isu jangka pendek Pengelolaan pendidikan dengan pendekatan Quality Assurance (Kendali Mutu) Menuju Badan Hukum Pendidikan (BHP) dan Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

C. Profil Program Studi
1. Nama Program Studi Kependidikan Islam (KI)
2. Fakultas Tarbiyah
3. Profesi utama Tenaga kependidikan dalam bidang Manajemen Pendidikan
4. Profesi tambahan A Tenaga kependidikan dalam bidang Supervisi Pendidikan
5. Profesi tambahan B Tenaga kependidikan dalam bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan
6. Kompetensi Lulusan Utama Memiliki kemampuan profesional dalam bidang Manajemen Pendidikan secara komprehensif
7. Kompetensi Lulusan Tambahan A Memiliki kemampuan profesional dalam bidang Supervisi Pendidikan secara komprehensif
8. Kompetensi Lulusan Tambahan B Memiliki kemampuan profesional dalam bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan secara komprehensif
9. Indikator Kompetensi Utama Mampu dan terampil dalam melaksanakan kegiatan Manajemen Administratif dan Manajemen Operatif
10. Indikator Kompetensi Tambahan A Mampu dan terampil dalam mendesain, mengembangkan dan melakukan kegiatan pendidikan
11. Indikator Kompetensi Tambahan B Mampu dan terampil dalam mendesain dan melaksanakan kegiatan Bimbingan dan Konseling Pendidikan
12. Gelar Akademis Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)

D. Kompetensi Program Studi
1. Standar Kompetensi Lulusan Program Studi
Jenis Profesi Aspek Standar Kompetensi
Pengetahuan Sikap Keterampilan
Profesi utama Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang manajemen pendidikan Memiliki semangat profesionalisme dalam bidang manajemen pendidikan Dapat menerapkan teori-teori dan praktik manajemen secara komprehensif dalam bidang pendidikan
Profesi tambahan A Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang supervisi pendidikan Menghargai profesi sebagai supervisor dalam bidang pendidikan Dapat menerapkan dan mengembangkan teori-teori supervisi pendidikan
Profesi tambahan B Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang dan konseling pendidikan Berpartisipasi dalam bidang bimbingan dan konseling pendidikan Dapat mendesain dan menerapkan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling pendidikan

2. Kompetensi Dasar Program Studi
Jenis Profesi Aspek Standar Kompetensi
Pengetahuan Sikap Keterampilan
Profesi utama Mampu mendesain program manajemen administratif dan manajemen operasional pendidikan Mencintai profesi sebagai penelitian dan penulis pendidikan Islam Terampil dalam melaksanakan administratif dan manajemen operatif pendidikan
Profesi tambahan A Mampu mengidentifikasi prinsip dalam pengelolaan supervisi pendidikan Mengapresiasi sebagai tenaga profesional dalam bidang supervisor pendidikan Terampil dalam pengelolaan, supervisi dan BK pendidikan Islam
Profesi tambahan B Mampu menerapkan prinsip dasar sebagai praktisi pendidikan Islam Menghargai profesi sebagai konseling dalam bidang pendidikan Terampil dalam melaksanakan dan mengembangkan bimbingan dan konseling pendidikan

3. Indikator Kompetensi Program Studi
Jenis Profesi Aspek standar Kompetensi
Pengetahuan Sikap Keterampilan
Profesi utama Dapat menginterpretasi teori dan prinsip-prinsip manajemen administratif dan manajemen operatif pendidikan Dapat memberikan respon positif terhadap profesi sebagai desainer pengelolaan Dapat mengimplementasikan konsep pola manajemen administratif dan manajemen operatif pendidikan
Profesi tambahan A Dapat menemukan pola dan teknik supervisi akademik dalam bidang pendidikan Dapat menunjukkan kemampuan profesional sebagai supervisor pendidikan Dapat mengaplikasikan pola dan teknik-teknik supervisi akademik dalam bidang pendidikan
Profesi tambahan B Dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip bimbingan dan konseling pendidikan secara komprehensif Dapat menunjukkan respon positif sebagai praktisi pendidikan Islam Dapat menerapkan teori dan prinsip bimbingan dan konseling sebagai solusi problem pendidikan

E. Integrasi-Interkoneksi
1. Integrasi-interkoneksi Kompetensi
No Aspek Deskripsi
1. Kommpetensi utama Untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional dalam bidang manajemen pendidikan perlu di integrasi-interkoneksi dengan pemahaman sejarah dan perkembangan pendidikan Islam
2. Kompetensi tambahan A Untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional dalam bidang supervisi pendidikan perlu diintegrasi-interkoneksi dengan memperhatikan dam mengimplentasikan sifat-sifat rasul (Amanah, Sidiq, Tabligh, dan Fathonah)
3. Kompetensi tambahan B Untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional dalam bidang bimbingan dan konseling diperlukan integrasi-interkoneksi dengan pemahaman psikologi Islam, kecerdasan emosi dan spiritual serta konseling yang islami

2. Integrasi-Interkoneksi Kurikulum
No Aspek Deskripsi
1. Matakuliah Ilmu Manajemen, Manajemen Pendidikan, Supervisi Pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen SDM, Manajemen Mutu Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan dan Perilaku Organisasi, diintegrasiinterkoneksikan dengan Matakuliah Ilmu Pend. Islam Tarbawy, Hadist Tarbawy, Etika Pendidikan Islam, Sej. Keb. Islam Pemikiran Pendidikan Islam, Psikologi Islam
2. Proses pembelajaran 1. Mahasiswa mampu membuat action plan tentang manajemen administratif dan manajemen operatif
3. Mahasiswa mampu dan terampil membuat action plan tentang pengawasan akademik dan administratif dalam pendidikan
3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling di sekolah/madrasah berdasarkan pola 17

F. Struktur Kurikulum Program Studi
Elemen Kompetensi Kompetensi Matakuliah
Utama Pendukung Lainnya Kelompok Nama MK
Landasan pengembangan kepribadian Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, dan memiliki wawasan keilmuan luas Menguasai bahasa Arab, Indonesia dan inggris Mampu menjalankan profesinya secara mandiri MPK 1. Pancasila
2. Bahasa Indonesia
3. Pengantar Studi Islam
4. Filsafat Umum
5. Akhlak Taswuf
6. Ilmu Kalam
Penguasaan Ilmu dan Keterampilan 3. Menguasai ilmu-ilmu keislaman dan mampu mengembangkannya
4. Menguasai teori dan praktek kependidikan Islam
1. Menguasai aspek sosial keagamaan yang berkaitan dengan kependidikan
2. Memiliki wawasan dan pemahaman tentnag isu-isu kependidikan kontemporer Menguasai prinsip dan teori yang mendukung pelaksanaan tugas-tugas kependidikan MKK 1. Bahasa Inggris I
2. Bahasa Arab I
3. Ulumul Qur’an
4. Ulumul Hadits
5. Pengantar Fiqh/Ushul Fiqh
6. Sej. Keb. Islam
7. Filsafat Ilmu
8. Bahasa Inggris II
9. Bahasa Arab II
10. Desain dan Strategi Pembelajaran
11. Metopen KI I
12. Metopen KI II
13. Psikologi Islam***1
14. Guidance &Counseling
15. filsafat pendidikan
16. Manajemen Perkantoran
17. Tafsir
18. Hadits
Kemampuan Berkarya 1. Memiliki motivasi untuk mengembangkan keilmuan dalam bidang kependidikan Islam
2. Memiliki kepekaan terhadap problem kependidikan Islam Memiliki kemampuan menyelesaikan berbagai problem kependidikan Memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip dan teorikependidikan MKB 1. Ilmu Pendidikan
2. Ilmu Pend. Islam
3. Sej. Pend. Islam
4. Perencanaan Sistem KI
5. Manajemen Pengembangan Kurikulum KI
6. Pemikiran Pendidikan Islam
7. Manajemen Pendidikan
8. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam
9. Manajemen Perpustakaan &PSB**2
10. Manajemen Mutu Pendidikan
11. Evaluasi Pendidikan
12. Tafsir Ayat Tarbawy
13. Hadits Tarbawy
14. Filsafat Pendidikan Islam
15. Pembaharuan dalam Pendidikan Islam
16. Psikologi Pend.
17. Sej. Pend. Islam di Indonesia**3
18. Psikologi Perkembangan**4
19. Statistik Pendidikan
20. Manajemen SDM
21. Supervisi Pendidikan
22. Ideologi dan Politik Pendidikan
23. Perbandingan Pendidikan Negara Islam
24. Kepemimpinan Pendidikan dan Perilaku Organisasi**5
Sika dan Perilaku dalam Berkarya 1. Memiliki motivasi untuk mengembangkan keilmuan dalam bidang kependidikan Islam
2. Memiliki kepekaan terhadap problem kependidikan Islam Memiliki kemampuan menyelesaikan berbagai problem kepenidikan Memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip dan teori kependidikan MPB 1. Etika pendidikan Islam**6
2. Ilmu Manajemen
3. Teknologi Pendidikan**7
4. Manajemen Konflik**8
5. PPL I
6. PPL II / PKL
7. KKN
8. Skripsi
Kemampuan Berkehidupan Bermasyarakat 1. Mengembangkan prinsip-prinsip kependidikan Islam sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat
2. Mampu menjalin kerjasama dalam mengembangkan teori-teori kependidikan Islam Mampu mengembangkan praktik kependidikan Islam berdasarkan hasil-hasil penelitian Mampu memberikan penjelasan pada masyarakat yang terkait dengan isu-isu pendidikan MBB 1. Sejarah Agama-Agama
2. Islam dan Budaya Lokal (Jawa)
3. Sosiologi Pendidikan Islam
4. Seni dan Budaya Islam**9
5. Manajemen Humas**10

STRUKTUR KURIKULUM
JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM (KI) FAKULTAS TARBIYAH
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

1. Kurikulum Inti Umum
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah dan berakhlak mulia
2. Memiliki pengetahuan komprehensif tentang sejarah, ajaran dan ilmu-ilmu agama Islam
3. Memiliki pengetahuan tentang kemasyarakatan dan kenegaraan
4. Memiliki ketrampilan berbahasa
5. Memiliki komitmen keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan Bahasa Arab I MKK UIN-207-4 4
Bahasa Inggris MKK UIN-206-4 4
Bahasa Indonesia MPK UIN-105-2 2
Pancasila dan Kewarganegaraan MKK UIN-101-2 2
Al-Qur'an MKK UIN-208-2 2
Al-Hadits MKK UIN-209-2 2
Fiqh dan Ushul Fiqh MKK UIN-210-2 2
Sej. Keb. Islam MKK UIN-211-2 2
Tauhid MKK UIN-103-2 2
Akhlak Tasawuf MPK UIN-102-4 2
Jumlah SKS 16 6 2
2. Kurikulum Institusional Umum
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
1. Memiliki kemampuan metodologis dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman
2. Memiliki kemampuan mendialogkan ajaran Islam dengan budaya
3. Memiliki ketrampilan berpikir secara akademik dan ilmiah Pengantar Studi Islam MKK USK-204-4 3
Islam dan Budaya Lokal MBB USK-515-2 2
Filsafat Ilmu MKK USK-213-2 Filsafat Ilmu 2
Jumlah SKS 3 4
3. Kurikulum Inti Khusus Utama
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
1. Menguasai landasan teoritik dalam bidang kependidikan Islam
2. Mampu mendesain program pengembangan pendidikan Islam
3. Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang manajemen dan supervisi pendidikan
4. Mampu mendesian program manajemen administratif dan manajemen operasional dalam pendidikan
5. Mampu dan trampil dalam pengembangan bimbingan konseling pendidikan Islam
6. Mampu dan trampil dalam melaksanakan penelitian pendidikan Peng. Ilmu Pend. MKK KIT-327-2 2
Ilmu Pend. Islam MKK KIT-328-3 Peng. Ilmu Pend. 3
Bahasa Arab II MKK KIT-207-4 Bahasa Arab I 4
Bahasa Inggris II MKK KIT-217-4 Bahasa Inggris I 4
Tafsir Ayat-ayat Tarbawy MKB KIT-338-3 Al-Qur'an 2
Hadits Tarbawy MKB KIT-339-3 Al-Hadits 3
Sej. Pend. Islam MKB KIT-329-3 2
Sej. Pend. Islam di Indonesia* MKB KIT-343-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengantar Ilmu Manajemen MPB KIT-452-2 2
Manajemen Pendidikan MKB KIT-333-3 Ilmu Manajemen 3
Manajemen Lembaga Pendidikan Islam MKB KIT-334-3 Manajemen Pendidikan 3
Adm. dan Supervisi Pend. MKB KIT-347-3 Manajemen Pendidikan 3
Metopen KI I MKK KIT-219-3 3
Metopen KI II MKK KIT-220-3 Metopen KI I 3
Perencanaan Sistem KI MKB KIT-330-3 Ilmu Pend. Islam 3
Desain Pembelajaran MKB KIT-336-2 Peng. Ilmu Pend. 2
Strategi Pembelajaran MKB KIT-346-3 Peng. Ilmu Pend. 3
Evaluasi Pendidikan MKB KIT-337-2 Statistik Pendidikan 2
Guidance & Counseling MKK KIT-222-3 Psikologi Pend. 3
Pemikiran Pendidikan Islam MKB KIT-332-3 Ilmu Pend. Islam 3
Pembaharuan dalam Pendidikan Islam MKB KIT-341-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengembangan Kurikulum KI MKB KIT-331-3 2
Perbandingan Pendidikan di Negara Islam MKB KIT-349-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengajaran Mikro MPB KIT-452-2 Desain Pembelajaran 2
PPL dan KKN terpadu MPB KIT-457-6 Pengajaran Mikro 6
Skripsi MPB KIT-458-6 6
Jumlah SKS 12 3 13 15 10 16 6
4. Kurikulum Inti Khusus Pendukung
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
1. Menguasai teori-teori yang mendukung program kependidikan
2. Memiliki wawasan berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan
3. Mampu mengembangkan penelitian kebijakan
4. Memiliki wawasan tentang kependidikan berbasis teknologi dan isu-isu kontemporer pendidikan Ideologi dan Politik Pendidikan MKB KIT-348-2 2
Kepemimpinan dalam Pendidikan* MKB KIT-350-2 Manajemen Pendidikan 2
Psikologi Umum MKK KIT-341-2 2
Psikologi Pend. MKB KIT-342-2 Psikologi Umum 2
Sosiologi dan Antropologi Pendidikan* MBB KIT-559-2 Al-Qur'an 2
Filsafat Ilmu MKK KIT-212-2 2
Filsafat Pendidikan MKK KIT-223-2 2
Filsafat Pendidikan Islam MKB KIT-340-2 Filsafat Ilmu 2
Statistik Pendidikan MKB KIT-345-2 Filsafat Pendidikan 3
Psikologi Perkembangan* MKB KIT-344-2 2
Teknologi Pendidikan* MPB KIT-545-2 2
Jumlah SKS 2 6 7 6 2
5. Kurikulum Inti Khusus Lainnya
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
1. Mampu mengembangkan kependidikan yang berkarakter Islami
2. Mampu melakukan pemecahan terhadap problem kependidikan Etika Pendidikan Islam* MPB KIT-451-2 Ilmu Pend. Islam 2
Psikologi Islam MKK KIT-221-2 Psikologi Umum 2
Manajemen Perpustakaan MKB KIT-335-2 Manajemen Pendidikan 2
Ilmu Komunikasi* MPB KIT-453-2 2
Jumlah SKS 2 2 4
6. Kurikulum Institusional Khusus
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
Mampu berpikir inklusif dan terbuka dalam pengembangan pendidikan Islam Pendidikan Multikultural MBB KIT-559-2 2
Seni dan Budaya Islam* MBB KIT-560-2 2
Jumlah SKS 2 2




B. Evaluasi kurikulum Jurusan Kependidikan Islam



Dalam melakukan evaluasi kurikulum Jurusan Kependidikan Islam ini peneliti menggunakan evaluasi model countenance stake terdiri atas dua matrik, matrik diskripsi dan matrik pertimbangan, matrik deskripsi terdiri atas kategori rencana (intent) dan observasi masing-masing mencakup antecedent, transaksi dan hasil.; matrik pertimbangan terdiri atas kategori standar dan pertimbangan mencakup antecedent, transaksi dan hasil.
1. Matrik Diskripsi
a. Kerangka Dasar Filosofis kurikulum jurusan Kependidikan Islam sebagai berikut:
1) Visi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan studi keislaman dan keilman bagi peradaban
2) Visi Fakultas Tarbiyah : Unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan pendidikan keislaman dan keilmuan
3) Visi jurusan Kependidikan Islam : Unggul dan terkemuka dalam bidang kependidikan berbasis keislaman dan keilmuan bagi peradaban
4) Misi UIN Sunan Kalijaga
a) Memadukan dan mengembangkan studi keislaman, keilmuan dan keindonesiaan dalam pendidikan dan pengajaran
b) Mengembangkan budaya ijtihad dalam penelitian multidisipliner yang bermanfaat bagikepentingan akademik, masyarakat dan lingkungan
c) Meningkatkan peran serta Universitasdalam penyelesaian persoalan kemanusiaan berdasarkan pada wawasan keislaman dan keilmuan bagi terwujudnya masyarakat madani
d) Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
5) Misi Fakultas Tarbiyah
a) Mengembangkan pendidikan berbasis keislaman, IPTEKS ( Ilmu pengetahuan, Teknologi dan seni) dan keindonesiaan
b) Mengembangkan budaya ijtihad dalam enelitian di bidang pendidikan
c) Meningkatkan peran pendidikan dalam masyarakat, kebudayaan nasional dan peradaban
d) Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama di bidang pendidikan

6) Misi Jurusan Kependidikan Islam
a) Mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kependidikan Islam
b) Mengembangkan penelitian dalam bidang pemikiran kependidikan Islam
c) Meningkatkan peran serta jurusan dalam bidang pemikiran dan pengembangan pendidikan Islam bagi masyarakat
d) Meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi, terutama dalam bidang kependidikan Islam.
7) Tujuan UIN Sunan Kalijaga
a) Menghasilkan sarjana yang mempunyai kemampuan akademis dan profesional
c.
d
e.
8) Tujuan Fakutas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga
9) Tujuan Jurusan Kependidikan Islam

a. Menyiapkan sarjana yang profesional dalam bidang pemikiran dan pengembangan pendidikan Islam
b. Menyiapkan sarjana yang profesional dalam bidang manajemen pendidikan, supervisi pendidikan dan bimbingan konseling pendidikan

b. Landasan Sosiologis
Merupakan isu-isu strategis-
1. Isu-isu global: Kompetisi bebas dalam pengelolaan institusi pendidikan
2. Isu-isu Nasional: Penjaminan standar mutu
3. Isu-isu lokal

c. Profil kompetensi lulusan program studi jurusan KI Fakultas Tarbiyah adalah:
1) Profesi utama adalah Tenaga kependidikan dalam bidang Manajemen Pendidikan
-Kotensi lulusan utama ” Memiliki kemampuan profesional dalam bidang Manajemen Pendidikan secara komprehensif
- Indikator Kompetensi Utama “Mampu dan terampil dalam melaksanakan kegiatan Manajemen Administratif dan Manajemen Operatif”
2) Profesi tambahan A ” Tenaga kependidikan dalam bidang supervisi pendidikan
- Kompetensi lulusan tambahan A ”Tenaga kependidikan dalam bidang Supervisi Pendidikan”
- Indikator kompetensi tambahan A ” Mampu dan terampil dalam mendesain, mengembangkan dan melakukan kegiatan spervisi
3) Profesi tambahan B ” Tenaga kependidikan Islam dalam bidang Bimbingan dan konseling pendidikan
- Kompetensi lulusan tambahan B ” Memiliki kemampuan profesional dalam bidang bimbingan dan konseling pendidikan secara komprehensif.
- Indikator kompetensi tambahan B ” Mampu dan terampil dalam mendesain dan melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling pendidikan
4) Kompeteni Program Studi
a) Standar kompetensi Lulusan Program studi
(1) Jenis profesi utama ”Tenaga kependidikan dalam bidang Manajemen Pendidikan
(a) Aspek pengetahuan: Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang manajemen pendidikan.
(b) Aspek Sikap: Memiliki semangat profesionalisme dalam bidang manajemen pendidikan.
(c) Aspek Ketrampilan: Dapat menerapkan teori –teori dan praktik manajerial secara komprehensif dalam bidang pendidikan
(2) Jenis Profesi Tambahan A ” Tenaga kependidikan dalam bidang supervisi pendidikan
(a) Aspek Pengetahuan : Menguasai teori secara komperehensif dalam bidang supervisi pendidikan
(b) Aspek sikap: Menghargai profesi sebagai supervisor dalam bidang pendidikan
(c) Aspek Keterampilan: dpat menerapkan dan mengembangkan teori-teori supervisi pendidikan
(3) Jenis Profesi Tambahan B ” Tenaga kependidikan Islam dalam bidang Bimbingan dan konseling pendidikan
(a) Aspek pengetahuan :Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang bimbingan dan konseling pendidikan
(b) Aspek Sikap : Berpartisipasi dalam pelaksanaan pendidikan Islam
(c) Aspek keterampilan: Dapat mendesain dan menerapkan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling pendidikan


b) Kompetensi Dasar Program Studi
(1) Jenis Profesi Utama: Tenaga kependidikan dalam bidang manajemen Pendidikan
(a) Aspek pengetahuan : Mampu mendesain program manajemen administratif dan manajemen operasional pendidikan
(b) Aspek sikap : Mencintai profesi sebagai peneliti dan penulis pendidikan Islam
(c) Aspek Ketrampilan : Terampil dalam melaksanakan manajemen administratif dan manajemen operatif pendidikan
(2) Jenis profesi Tambahan A: Tenaga kependidikan dalam bidang supervisi pendidikan
(a) Aspek Pengetahuan: Mampu mengdentifikasi prinsip dalam pengelolaan supervisi pendidikan
(b) Aspek Sikap: Mengapresiasi sebagai tenaga profesional dalam bidang supervisorbpendidikan
(c) Aspek ketrampilan : Terampil dalam pengelolaan, supervisi dan BK Pendidikan Islam
(3) Jenis Profesi tambahan B : Tenaga kependidikan Islam dalam bidang Bimbingan dan konseling pendidikan
(a) Aspek pengetahuan: Mampu menerapkan prinsip dasar sebagai praktisi pendidikan Islam.
(b) Aspek Sikap: Menghargai profesi sebagai konseling dalam bidang pendidikan
(c) Aspek keterampilan: Terampil dalam melaksanakan dan mengembangkan bimbingan dan konseling pendidikan
c) Indikator kompetensi Program Studi

(1) Jenis profesi utama :
(a)Aspek pengetahun: Dapat mengintrepretasi teori dan prinsip-prinsip manaemen administratif dan manajemen operatif pendidikan
(b) Aspek sikap: Dapat membeikan respon positif terhadap profesi sebagai desainer pengelola pendidikan
(c) Aspek keterampilan
(2) Jenis profesi Tambahan A
(a)
(b)
(c)
(3) Jenis Profesi Tambahan B
(a)
(b)
(c)










Adapun sebaran mata kuliah dalam struktur kurikulum jurusan Kependidikan Islam sebagai berikut:

STRUKTUR KURIKULUM
JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM (KI) FAKULTAS TARBIYAH
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

1. Kurikulum Inti Umum
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
6. Beriman dan bertaqwa kepada Allah dan berakhlak mulia
7. Memiliki pengetahuan komprehensif tentang sejarah, ajaran dan ilmu-ilmu agama Islam
8. Memiliki pengetahuan tentang kemasyarakatan dan kenegaraan
9. Memiliki ketrampilan berbahasa
10. Memiliki komitmen keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan Bahasa Arab I MKK UIN-207-4 4
Bahasa Inggris MKK UIN-206-4 4
Bahasa Indonesia MPK UIN-105-2 2
Pancasila dan Kewarganegaraan MKK UIN-101-2 2
Al-Qur'an MKK UIN-208-2 2
Al-Hadits MKK UIN-209-2 2
Fiqh dan Ushul Fiqh MKK UIN-210-2 2
Sej. Keb. Islam MKK UIN-211-2 2
Tauhid MKK UIN-103-2 2
Akhlak Tasawuf MPK UIN-102-4 2
Jumlah SKS 16 6 2
2. Kurikulum Institusional Umum
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
4. Memiliki kemampuan metodologis dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman
5. Memiliki kemampuan mendialogkan ajaran Islam dengan budaya
6. Memiliki ketrampilan berpikir secara akademik dan ilmiah Pengantar Studi Islam MKK USK-204-4 3
Islam dan Budaya Lokal MBB USK-515-2 2
Filsafat Ilmu MKK USK-213-2 Filsafat Ilmu 2
Jumlah SKS 3 4
3. Kurikulum Inti Khusus Utama
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
7. Menguasai landasan teoritik dalam bidang kependidikan Islam
8. Mampu mendesain program pengembangan pendidikan Islam
9. Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang manajemen dan supervisi pendidikan
10. Mampu mendesian program manajemen administratif dan manajemen operasional dalam pendidikan
11. Mampu dan trampil dalam pengembangan bimbingan konseling pendidikan Islam
12. Mampu dan trampil dalam melaksanakan penelitian pendidikan Peng. Ilmu Pend. MKK KIT-327-2 2
Ilmu Pend. Islam MKK KIT-328-3 Peng. Ilmu Pend. 3
Bahasa Arab II MKK KIT-207-4 Bahasa Arab I 4
Bahasa Inggris II MKK KIT-217-4 Bahasa Inggris I 4
Tafsir Ayat-ayat Tarbawy MKB KIT-338-3 Al-Qur'an 2
Hadits Tarbawy MKB KIT-339-3 Al-Hadits 3
Sej. Pend. Islam MKB KIT-329-3 2
Sej. Pend. Islam di Indonesia* MKB KIT-343-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengantar Ilmu Manajemen MPB KIT-452-2 2
Manajemen Pendidikan MKB KIT-333-3 Ilmu Manajemen 3
Manajemen Lembaga Pendidikan Islam MKB KIT-334-3 Manajemen Pendidikan 3
Adm. dan Supervisi Pend. MKB KIT-347-3 Manajemen Pendidikan 3
Metopen KI I MKK KIT-219-3 3
Metopen KI II MKK KIT-220-3 Metopen KI I 3
Perencanaan Sistem KI MKB KIT-330-3 Ilmu Pend. Islam 3
Desain Pembelajaran MKB KIT-336-2 Peng. Ilmu Pend. 2
Strategi Pembelajaran MKB KIT-346-3 Peng. Ilmu Pend. 3
Evaluasi Pendidikan MKB KIT-337-2 Statistik Pendidikan 2
Guidance & Counseling MKK KIT-222-3 Psikologi Pend. 3
Pemikiran Pendidikan Islam MKB KIT-332-3 Ilmu Pend. Islam 3
Pembaharuan dalam Pendidikan Islam MKB KIT-341-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengembangan Kurikulum KI MKB KIT-331-3 2
Perbandingan Pendidikan di Negara Islam MKB KIT-349-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengajaran Mikro MPB KIT-452-2 Desain Pembelajaran 2
PPL dan KKN terpadu MPB KIT-457-6 Pengajaran Mikro 6
Skripsi MPB KIT-458-6 6
Jumlah SKS 12 3 13 15 10 16 6
4. Kurikulum Inti Khusus Pendukung
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
5. Menguasai teori-teori yang mendukung program kependidikan
6. Memiliki wawasan berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan
7. Mampu mengembangkan penelitian kebijakan
8. Memiliki wawasan tentang kependidikan berbasis teknologi dan isu-isu kontemporer pendidikan Ideologi dan Politik Pendidikan MKB KIT-348-2 2
Kepemimpinan dalam Pendidikan* MKB KIT-350-2 Manajemen Pendidikan 2
Psikologi Umum MKK KIT-341-2 2
Psikologi Pend. MKB KIT-342-2 Psikologi Umum 2
Sosiologi dan Antropologi Pendidikan* MBB KIT-559-2 Al-Qur'an 2
Filsafat Ilmu MKK KIT-212-2 2
Filsafat Pendidikan MKK KIT-223-2 2
Filsafat Pendidikan Islam MKB KIT-340-2 Filsafat Ilmu 2
Statistik Pendidikan MKB KIT-345-2 Filsafat Pendidikan 3
Psikologi Perkembangan* MKB KIT-344-2 2
Teknologi Pendidikan* MPB KIT-545-2 2
Jumlah SKS 2 6 7 6 2
5. Kurikulum Inti Khusus Lainnya
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
3. Mampu mengembangkan kependidikan yang berkarakter Islami
4. Mampu melakukan pemecahan terhadap problem kependidikan Etika Pendidikan Islam* MPB KIT-451-2 Ilmu Pend. Islam 2
Psikologi Islam MKK KIT-221-2 Psikologi Umum 2
Manajemen Perpustakaan MKB KIT-335-2 Manajemen Pendidikan 2
Ilmu Komunikasi* MPB KIT-453-2 2
Jumlah SKS 2 2 4
6.Kurikulum Institusional Khusus
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
Mampu berpikir inklusif dan terbuka dalam pengembangan pendidikan Islam Pendidikan Multikultural MBB KIT-559-2 2
Seni dan Budaya Islam* MBB KIT-560-2 2
Jumlah SKS 2 2



Proses dari struktur kurikulum yang telah disusun kemudian diimplementasi di Jurusan Kependidikan Islam






Hasil yang direncanakan adalah sebagaimana dirumuskan didalam Visi,Misi, Tujuan Dan profil kompetensi program studi/jurusan. secara garis besar visi, misi, tujuan dan profil kompetensi propgram studi yang tercantum dalam dokumen kurikulum jurusan Kependidikan Islam sebagai berikut:
1). Visi Misi dan Tujuan Jurusan Kepedidikan Islam
Visi : Unggul dan terkemuka dalam bidang kependidikan berbasis keislaman dan keilmuan bagi peradaban
Misi :
a. .Mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kependidikan Islam
b. Mengembangkan penelitian dalam bidang pemikiran kependidikan Islam
c. Meningkatkan peran serta jurusan dalam bidang pemikiran
d. Meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang kependidikan Islam.
2). Tujuan :
d. Menyiapkan sarjana yang profesional dalam bidang pemikiran dan pengembangan pendidikan Islam
e. Menyiapkan sarjana yang profesional dalam bidang manajemen pendidikan, supervisi pendidikan dan bimbingan konseling pendidikan

3) Profil kompetensi lulusan program studi jurusan KI Fakultas Tarbiyah adalah:
5) Profesi utama adalah Tenaga kependidikan dalam bidang Manajemen Pendidikan
- Kompetensi lulusan utama ” Memiliki kemampuan profesional dalam bidang Manajemen Pendidikan secara komprehensif
- Indikator Kompetensi Utama “Mampu dan terampil dalam melaksanakan kegiatan Manajemen Administratif dan Manajemen Operatif”
6) Profesi tambahan A ” Tenaga kependidikan dalam bidang supervisi pendidikan
- Kompetensi lulusan tambahan A ”Tenaga kependidikan dalam bidang Supervisi Pendidikan”
- Indikator kompetensi tambahan A ” Mampu dan terampil dalam mendesain, mengembangkan dan melakukan kegiatan spervisi
7) Profesi tambahan B ” Tenaga kependidikan Islam dalam bidang Bimbingan dan konseling pendidikan
- Kompetensi lulusan tambahan B ” Memiliki kemampuan profesional dalam bidang bimbingan dan konseling pendidikan secara komprehensif.
- Indikator kompetensi tambahan B ” Mampu dan terampil dalam mendesain dan melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling pendidikan
4) Kompeteni Program Studi
a) Standar kompetensi Lulusan Program studi
(1) Jenis profesi utama ”Tenaga kependidikan dalam bidang Manajemen Pendidikan
(a) Aspek pengetahuan: Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang manajemen pendidikan.
(b) Aspek Sikap: Memiliki semangat profesionalisme dalam bidang manajemen pendidikan.
(c) Aspek Ketrampilan: Dapat menerapkan teori –teori dan praktik manajerial secara komprehensif dalam bidang pendidikan
(2) Jenis Profesi Tambahan A ” Tenaga kependidikan dalam bidang supervisi pendidikan
(a) Aspek Pengetahuan : Menguasai teori secara komperehensif dalam bidang supervisi pendidikan
(b) Aspek sikap: Menghargai profesi sebagai supervisor dalam bidang pendidikan
(c) Aspek Keterampilan: dpat menerapkan dan mengembangkan teori-teori supervisi pendidikan
(3) Jenis Profesi Tambahan B ” Tenaga kependidikan Islam dalam bidang Bimbingan dan konseling pendidikan
(b) Aspek pengetahuan :Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang bimbingan dan konseling pendidikan
(b) Aspek Sikap : Berpartisipasi dalam pelaksanaan pendidikan Islam
(c) Aspek keterampilan: Dapat mendesain dan menerapkan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling pendidikan


b) Kompetensi Dasar Program Studi
(1) Jenis Profesi Utama: Tenaga kependidikan dalam bidang manajemen Pendidikan
(a) Aspek pengetahuan : Mampu mendesain program manajemen administratif dan manajemen operasional pendidikan
(b) Aspek sikap : Mencintai profesi sebagai peneliti dan penulis pendidikan Islam
(c) Aspek Ketrampilan : Terampil dalam melaksanakan manajemen administratif dan manajemen operatif pendidikan
(2) Jenis profesi Tambahan A: Tenaga kependidikan dalam bidang supervisi pendidikan
(a) Aspek Pengetahuan: Mampu mengdentifikasi prinsip dalam pengelolaan supervisi pendidikan
(b) Aspek Sikap: Mengapresiasi sebagai tenaga profesional dalam bidang supervisorbpendidikan
(c) Aspek ketrampilan : Terampil dalam pengelolaan, supervisi dan BK Pendidikan Islam
(3) Jenis Profesi tambahan B : Tenaga kependidikan Islam dalam bidang Bimbingan dan konseling pendidikan
(a) Aspek pengetahuan: Mampu menerapkan prinsip dasar sebagai praktisi pendidikan Islam.
(b) Aspek Sikap: Menghargai profesi sebagai konseling dalam bidang pendidikan
(c) Aspek keterampilan: Terampil dalam melaksanakan dan mengembangkan bimbingan dan konseling pendidikan
c) Indikator kompetensi Program Studi

(4) Jenis profesi utama :
(a)Aspek pengetahun: Dapat mengintrepretasi teori dan prinsip-prinsip manaemen administratif dan manajemen operatif pendidikan
(b) Aspek sikap: Dapat membeikan respon positif terhadap profesi sebagai desainer pengelola pendidikan
(c) Aspek keterampilan
(5) Jenis profesi Tambahan A
(a)
(b)
(c)
(6) Jenis Profesi Tambahan B
(a)
(b)
(c)


2. Matrik observasi
Dalam matrik observasi diuraikan implemetasi kurikulum jurusan Kependidikan Islam sebagai berikut:
Dalam implementasi kurikulum yang menjadi acuan mata kuliah dan sebarannya di dalam semester untuk mencapai profil kompetensi jurusan kependidikan Islam, adalah dari struktur kurikulum di dalam buku struktur kurikulum UIN Sunan Kalijaga , kemudian dijurusan disusun Kurikulum 2005-2007 distribusi mata kuliah dalam semester

STRUKTUR KURIKULUM
JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM (KI) FAKULTAS TARBIYAH
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

6. Kurikulum Inti Umum
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
11. Beriman dan bertaqwa kepada Allah dan berakhlak mulia
12. Memiliki pengetahuan komprehensif tentang sejarah, ajaran dan ilmu-ilmu agama Islam
13. Memiliki pengetahuan tentang kemasyarakatan dan kenegaraan
14. Memiliki ketrampilan berbahasa
15. Memiliki komitmen keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan Bahasa Arab I MKK UIN-207-4 4
Bahasa Inggris MKK UIN-206-4 4
Bahasa Indonesia MPK UIN-105-2 2
Pancasila dan Kewarganegaraan MKK UIN-101-2 2
Al-Qur'an MKK UIN-208-2 2
Al-Hadits MKK UIN-209-2 2
Fiqh dan Ushul Fiqh MKK UIN-210-2 2
Sej. Keb. Islam MKK UIN-211-2 2
Tauhid MKK UIN-103-2 2
Akhlak Tasawuf MPK UIN-102-4 2
Jumlah SKS 16 6 2
7. Kurikulum Institusional Umum
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
7. Memiliki kemampuan metodologis dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman
8. Memiliki kemampuan mendialogkan ajaran Islam dengan budaya
9. Memiliki ketrampilan berpikir secara akademik dan ilmiah Pengantar Studi Islam MKK USK-204-4 3
Islam dan Budaya Lokal MBB USK-515-2 2
Filsafat Ilmu MKK USK-213-2 Filsafat Ilmu 2
Jumlah SKS 3 4
8. Kurikulum Inti Khusus Utama
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
13. Menguasai landasan teoritik dalam bidang kependidikan Islam
14. Mampu mendesain program pengembangan pendidikan Islam
15. Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang manajemen dan supervisi pendidikan
16. Mampu mendesian program manajemen administratif dan manajemen operasional dalam pendidikan
17. Mampu dan trampil dalam pengembangan bimbingan konseling pendidikan Islam
18. Mampu dan trampil dalam melaksanakan penelitian pendidikan Peng. Ilmu Pend. MKK KIT-327-2 2
Ilmu Pend. Islam MKK KIT-328-3 Peng. Ilmu Pend. 3
Bahasa Arab II MKK KIT-207-4 Bahasa Arab I 4
Bahasa Inggris II MKK KIT-217-4 Bahasa Inggris I 4
Tafsir Ayat-ayat Tarbawy MKB KIT-338-3 Al-Qur'an 2
Hadits Tarbawy MKB KIT-339-3 Al-Hadits 3
Sej. Pend. Islam MKB KIT-329-3 2
Sej. Pend. Islam di Indonesia* MKB KIT-343-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengantar Ilmu Manajemen MPB KIT-452-2 2
Manajemen Pendidikan MKB KIT-333-3 Ilmu Manajemen 3
Manajemen Lembaga Pendidikan Islam MKB KIT-334-3 Manajemen Pendidikan 3
Adm. dan Supervisi Pend. MKB KIT-347-3 Manajemen Pendidikan 3
Metopen KI I MKK KIT-219-3 3
Metopen KI II MKK KIT-220-3 Metopen KI I 3
Perencanaan Sistem KI MKB KIT-330-3 Ilmu Pend. Islam 3
Desain Pembelajaran MKB KIT-336-2 Peng. Ilmu Pend. 2
Strategi Pembelajaran MKB KIT-346-3 Peng. Ilmu Pend. 3
Evaluasi Pendidikan MKB KIT-337-2 Statistik Pendidikan 2
Guidance & Counseling MKK KIT-222-3 Psikologi Pend. 3
Pemikiran Pendidikan Islam MKB KIT-332-3 Ilmu Pend. Islam 3
Pembaharuan dalam Pendidikan Islam MKB KIT-341-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengembangan Kurikulum KI MKB KIT-331-3 2
Perbandingan Pendidikan di Negara Islam MKB KIT-349-2 Sej. Pend. Islam 2
Pengajaran Mikro MPB KIT-452-2 Desain Pembelajaran 2
PPL dan KKN terpadu MPB KIT-457-6 Pengajaran Mikro 6
Skripsi MPB KIT-458-6 6
Jumlah SKS 12 3 13 15 10 16 6
9. Kurikulum Inti Khusus Pendukung
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
9. Menguasai teori-teori yang mendukung program kependidikan
10. Memiliki wawasan berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan
11. Mampu mengembangkan penelitian kebijakan
12. Memiliki wawasan tentang kependidikan berbasis teknologi dan isu-isu kontemporer pendidikan Ideologi dan Politik Pendidikan MKB KIT-348-2 2
Kepemimpinan dalam Pendidikan* MKB KIT-350-2 Manajemen Pendidikan 2
Psikologi Umum MKK KIT-341-2 2
Psikologi Pend. MKB KIT-342-2 Psikologi Umum 2
Sosiologi dan Antropologi Pendidikan* MBB KIT-559-2 Al-Qur'an 2
Filsafat Ilmu MKK KIT-212-2 2
Filsafat Pendidikan MKK KIT-223-2 2
Filsafat Pendidikan Islam MKB KIT-340-2 Filsafat Ilmu 2
Statistik Pendidikan MKB KIT-345-2 Filsafat Pendidikan 3
Psikologi Perkembangan* MKB KIT-344-2 2
Teknologi Pendidikan* MPB KIT-545-2 2
Jumlah SKS 2 6 7 6 2
10. Kurikulum Inti Khusus Lainnya
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
5. Mampu mengembangkan kependidikan yang berkarakter Islami
6. Mampu melakukan pemecahan terhadap problem kependidikan Etika Pendidikan Islam* MPB KIT-451-2 Ilmu Pend. Islam 2
Psikologi Islam MKK KIT-221-2 Psikologi Umum 2
Manajemen Perpustakaan MKB KIT-335-2 Manajemen Pendidikan 2
Ilmu Komunikasi* MPB KIT-453-2 2
Jumlah SKS 2 2 4
6.Kurikulum Institusional Khusus
Kompetensi Matakuliah Semester / SKS
Nama Matakuliah Elkom Kode Prasyarat 1 2 3 4 5 6 7 8
Mampu berpikir inklusif dan terbuka dalam pengembangan pendidikan Islam Pendidikan Multikultural MBB KIT-559-2 2
Seni dan Budaya Islam* MBB KIT-560-2 2
Jumlah SKS 2 2




kemudian disusun di Jurusan Kependidkan Islam sebagai berikut:
Distribusi mata kuliah jurusan Kependidikan Islam Dalam semester sebagai berikut :

KURIKULUM KI 2005-2007
DISTRIBUSI MATAKULIAH DALAM SEMESTER
SEMESTER I
No Kode Matakuliah SKS
1 UIN-101-2 Pancasila & Kwarganegaraan 2
2 UIN-207-4 Bahasa Arab I 4
3 UIN-206-4 Bahasa Inggris I 4
4 UIN-208-2 Al-Qur’an 2
5 UIN-209-2 Al-Hadits 2
6 UIN-210-2 Fiqh & Ushul Fiqh 2
7 USK-204-4 Pengantar Studi Islam 4
Jumlah 20

SEMESTER II
No Kode Matakuliah SKS
1 UIN-207-4 Bahasa Arab II 4
2 UIN-217-4 Bahasa Inggris II 4
3 UIN-102-2 Akhlak Tasawuf 2
4 UIN-103-2 Tauhid 2
5 UIN-201-2 Masail Fiqh 2
6 KIT-212-2 Filsafat Umum 2
7 KIT-341-2 Pengantar Psikologi 2
8 KIT-327-2 Pengantar Ilmu Pendidikan 2
9 KIT-452-2 Pengantar Ilmu Manajemen 2
Jumlah 22

SEMESTER III
No Kode Matakuliah SKS
1 UIN-105-2 Bahasa Indonesia 2
2 USK-213-2 Psikologi Perkembangan 2
3 KIT-328-3 Ilmu Pendidikan Islam 3
4 USK-515-2 Islam & Budaya Lokal 2
5 UIN-211-2 Sejarah Kebudayaan Islam 2
6 KIT-223-2 Filsafat Pendidikan 2
7 KIT-331-3 Pengembangan Kurikulum 3
8 KIT-333-3 Manajemen Pendidikan 3
9 KIT-454-2 Teknologi Pendidikan 2
10 KIT-560-2 Pengembangan Seni dan Budaya Islam* 2
Jumlah 23

SEMESTER IV
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-329-3 Sejarah Pendidikan Islam 3
2 KIT-219-3 Metodologi Penel. Pendidikan I 3
3 KIT-330-3 Perencanaan Sistem KI 3
4 KIT-342-2 Psikologi Pendidikan 2
5 KIT-225-2 Tafsir 2
6 KIT-345-3 Statistik Pendidikan 3
7 KIT-340-2 Filsafat Pendidikan Islam 2
8 KIT-347-3 Administrasi & Supervisi Pendidikan 3
9 KIT-344-2 Filsafat Ilmu 2
10 KIT-453-2 Ilmu Komunikasi* 2
Jumlah 25
SEMESTER V
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-338-3 Tafsir Ayat Tarbawy 3
2 KIT-339-3 Hadits Tarbawy 3
3 KIT-220-3 Metodologi Penelitian Pendidikan II 3
4 KIT-346-3 Strategi Pembelajaran 3
5 KIT-337-2 Pengembangan Evaluasi Pendidikan 2
6 KIT-336-2 Desain Pembelajaran 3
7 KIT-334-3 Manjemen Lembaga Pendidikan Islam 3
8 KIT-559-2 Pendidikan Multikultural* 2
9 KIT-451-2 Etika Pendidikan Islam* 2
Jumlah 24

SEMESTER VI
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-222-3 Guidance & Counseling 3
2 KIT-348-2 Ideologi & Politik Pendidikan 2
3 KIT-349-2 Perband Pendidikan di Negara Islam 2
4 KIT-350-2 Kepemimpinan dalam Pendidikan 2
5 KIT-450-3 Pengajaran Mikro 2
6 KIT-559-2 Sosiologi & Antropologi Pendidikan* 2
7 KIT-335-2 Manajemen Perpustakaan* 2
8 KIT-221-2 Psikologi Islam* 2
Jumlah 16

SEMESTER VII
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-332-3 Pemikiran Pendidikan Islam 3
2 KIT-341-2 Pembaharuan dalam Pendidikan Islam 2
3 KIT-457-6 PPL & KKN Terpadu 6
4 KIT-343-2 Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia* 2
Jumlah 13

SEMESTER VIII
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-458-6 Skripsi 6
Jumlah 6

Rekapitulasi Beban Studi Mahasiswa Program S-1 Jurusan Kependidikan Islam :
1. Matakuliah wajib = 136 SKS
2. Matakuliah eleksi = 20 SKS
Semester Matakuliah SKS
I 7 20
II 9 22
III 10 21
IV 10 23
V 9 23
VI 8 16
VII 4 15
VIII 1 6
Jumlah 50 146






3. Pertimbangan
Didalam pengembangan kurikulum jurusan Kependidikan Islam hendaknya memahami secara utuh kerangka dasar , profil kompetensi lulusan meliputi standar kompetensi dan struktur kurikulum,
1. Kompetensi Program Studi
a. Standar Kompetensi Lulusan Program Studi

Jenis Profesi Aspek Standar Kompetensi
Pengetahuan Sikap Keterampilan
Profesi utama Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang manajemen pendidikan Memiliki semangat profesionalisme dalam bidang manajemen pendidikan Dapat menerapkan teori-teori dan praktik manajemen secara komprehensif dalam bidang pendidikan
Profesi tambahan A Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang supervisi pendidikan Menghargai profesi sebagai supervisor dalam bidang pendidikan Dapat menerapkan dan mengembangkan teori-teori supervisi pendidikan
Profesi tambahan B Menguasai teori secara komprehensif dalam bidang dan konseling pendidikan Berpartisipasi dalam bidang bimbingan dan konseling pendidikan Dapat mendesain dan menerapkan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling pendidikan

b. Kompetensi Dasar Program Studi
Jenis Profesi Aspek Standar Kompetensi
Pengetahuan Sikap Keterampilan
Profesi utama Mampu mendesain program manajemen administratif dan manajemen operasional pendidikan Mencintai profesi sebagai penelitian dan penulis pendidikan Islam Terampil dalam melaksanakan administratif dan manajemen operatif pendidikan
Profesi tambahan A Mampu mengidentifikasi prinsip dalam pengelolaan supervisi pendidikan Mengapresiasi sebagai tenaga profesional dalam bidang supervisor pendidikan Terampil dalam pengelolaan, supervisi dan BK pendidikan Islam
Profesi tambahan B Mampu menerapkan prinsip dasar sebagai praktisi pendidikan Islam Menghargai profesi sebagai konseling dalam bidang pendidikan Terampil dalam melaksanakan dan mengembangkan bimbingan dan konseling pendidikan

c. Indikator Kompetensi Program Studi
Jenis Profesi Aspek standar Kompetensi
Pengetahuan Sikap Keterampilan
Profesi utama Dapat menginterpretasi teori dan prinsip-prinsip manajemen administratif dan manajemen operatif pendidikan Dapat memberikan respon positif terhadap profesi sebagai desainer pengelolaan Dapat mengimplementasikan konsep pola manajemen administratif dan manajemen operatif pendidikan
Profesi tambahan A Dapat menemukan pola dan teknik supervisi akademik dalam bidang pendidikan Dapat menunjukkan kemampuan profesional sebagai supervisor pendidikan Dapat mengaplikasikan pola dan teknik-teknik supervisi akademik dalam bidang pendidikan
Profesi tambahan B Dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip bimbingan dan konseling pendidikan secara komprehensif Dapat menunjukkan respon positif sebagai praktisi pendidikan Islam Dapat menerapkan teori dan prinsip bimbingan dan konseling sebagai solusi problem pendidikan



2. Strukur kurikulum Jurusan Kependidikan Islam
a. Elemen kompetensi
a. Landasan Pengembangan Kepribadian
Mata kuliah yang dipilih untuk mengembangkan elemen kompetensi landasan pengembangan kepribadian (MKB) ada 6 mata kuliah meliputi: 1. Pancasila dan pend kewargaan, 2. Bahasa Indonesia, 3. Pengatar studi Islam, 4. Filsafat umum, 5. akhlak tasawuf 6. ilmu kalam.
b. Penguasaan ilmu dan ketrampilan
Mata kuliah yang dipilih untuk mengembangkan elemen kompetensi Penguasaan ilmu dan ketrampilan (MKK) ada 18 mata kuliah meliputi: 1. Bahasa Inggris 1, 2. Bahasa Arab 1, 3. Ulumul Qur’an,4. Ulumul Hadits, 5. Pengatar Fiqh / Ushul fiqh, 6. Sejarah kebudayaan Islam, 7. Filsafat ilmu, 8. Bahasa Inggris II, 9. Bahasa Aab II, 10. Desain dan strategi pembelajaran, 11. Metodologi Penelitian Kependidikan Islam I, 12. Metodologi Penelitian Kependidikan Islam II, 13. Psikologi Islam, 14. Guidance & counceling, 15. Filsafat pendidikan, 16. Manajemen perkantoran, 17. Tafsir, 18. Hadits.
c. Kemampuan Berkarya
Mata kuliah yang dipilih untuk mengembangakan elemen kompetensi kemampuan berkarya (MKB) berjumlah 24 mata kuliah: 1 Ilmu pendidikan, 2. ilmu pendidikan islam, 3. sejarah pendidikan islam, 4perencanaan sistem ki, 5 manajemen pengemb kur ki, 6. pemikiran pendidikan islam, 7. manajen pendidikan 8. manajemen lembaga pendidikan islam, 9. manajemen perpustakaan, 10. manajemen mutu pendidikan, 11 evaluasi pendidikan, 12 tfsir ayat tarbawi, 13. hadis tarbawi, 14.F ilsafat pendidikan Islam, 15. Pembaharuan dalam pendidikan islam, 16. psikologi pendidikan 17. psikologi perkembangan, 18. sejarah pendidikan Islam Indonesia, 19. statistik pendidikan, 20. manajemen SDM, 21. supervisi pendidikan, 22. ideologi dan politik pendidikan, 23. Perbandingan pendidikan negara Islam, 24.
Kepemimpinan pendidikan dan perilaku organisasi **5)
d. Sikap dan perilaku dalam berkarya
Mata kuliah yang dipilih untuk mengebangkan elemen kompetensi sikap dan perilaku daam berkarya (MPB) berjumlah 8 matakuliah: 1. Etika Pendidikan Islam, 2. Ilmu Manajemen, 3. Teknologi Pendidikan, 4. Manajemen konflik, 5. PPL , 6 PPL II/PKL, 7. KKN 8. Skripsi
e. Kemampuan berkehidupan bermasyarakat.
Mata kuliah yang dipilih untuk mengembangkan elemen kompetensi kemampuan berkehidupan bermasyarakat (MBB) berjumlah 5 mata kuliah 1. sejarah agama-agama, 2. Islam dan Budaya lokal, 3. sosiologi pendidikan Islam, 4. seni dan budaya islam.

Kemudian didistribusikan mata kuliah yang dipilih untuk mengembangkan elemen kompetensi kedalam kelompok mata kuliah dan ditentukan bobot sks serta waktu pada semester berapa mata kuliah itu diberikan kepada mahasiswa dapat di urai kan sebagai berikut: Kurikulum Inti Umum( 24 SKS), Kurikulum Institusional Umum(7 sks), Kurikulum Inti Khusus Utama(75 SKS), Kurikulum Inti Khusus Pendukung(17 SKS), Kurikulum Inti Khusus Lainnya (8 SKS),kurikulum Institusional Khusus (4 SKS)
Dari rumusan isi dokumen kurikulum bahwa profil jurusan Kependidikan Islam adalah memiliki kemampuan profesional di bidang kependidikan profesi utama dalam bidang manajemen pendidikan, profesi tambahan A sebagai tenaga kependidikan dalam bidang supervisi pendidikan dan profesi tambahan B sebagai tenaga kependidikan dalam bidang Bimbingan dan konseling pendidikan
Evaluasi proses adalah evaluasi kurikulum dalam dimensi pengertian sebagai realita atau kegiatan atau implementasi kurikulum, Dalam implementasi kurikulum, jurusan kependidikan Islam telah berpedoman pada dokumen kurikulum yang disusun pada tingkat universitas dikenal dengan kurikulum 2005, kemudian didistribusi dalam mata kuliah dalam semester ke dalam kurikulum aktual, penyusunan silabus, serta penyusunan SAP ( Satuan Acara Perkuliahan). Silabus dan SAP dikembangkan oleh Dosen pengampu mata kuliah, dapat diuraiakan sebagai berikut:
Distribusi mata kuliah jurusan Kependidikan Islam Dalam semester sebagai berikut :

KURIKULUM KI 2005-2007
DISTRIBUSI MATAKULIAH DALAM SEMESTER
SEMESTER I
No Kode Matakuliah SKS
1 UIN-101-2 Pancasila & Kwarganegaraan 2
2 UIN-207-4 Bahasa Arab I 4
3 UIN-206-4 Bahasa Inggris I 4
4 UIN-208-2 Al-Qur’an 2
5 UIN-209-2 Al-Hadits 2
6 UIN-210-2 Fiqh & Ushul Fiqh 2
7 USK-204-4 Pengantar Studi Islam 4
Jumlah 20

SEMESTER II
No Kode Matakuliah SKS
1 UIN-207-4 Bahasa Arab II 4
2 UIN-217-4 Bahasa Inggris II 4
3 UIN-102-2 Akhlak Tasawuf 2
4 UIN-103-2 Tauhid 2
5 UIN-201-2 Masail Fiqh 2
6 KIT-212-2 Filsafat Umum 2
7 KIT-341-2 Pengantar Psikologi 2
8 KIT-327-2 Pengantar Ilmu Pendidikan 2
9 KIT-452-2 Pengantar Ilmu Manajemen 2
Jumlah 22

SEMESTER III
No Kode Matakuliah SKS
1 UIN-105-2 Bahasa Indonesia 2
2 USK-213-2 Psikologi Perkembangan 2
3 KIT-328-3 Ilmu Pendidikan Islam 3
4 USK-515-2 Islam & Budaya Lokal 2
5 UIN-211-2 Sejarah Kebudayaan Islam 2
6 KIT-223-2 Filsafat Pendidikan 2
7 KIT-331-3 Pengembangan Kurikulum 3
8 KIT-333-3 Manajemen Pendidikan 3
9 KIT-454-2 Teknologi Pendidikan 2
10 KIT-560-2 Pengembangan Seni dan Budaya Islam* 2
Jumlah 23

SEMESTER IV
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-329-3 Sejarah Pendidikan Islam 3
2 KIT-219-3 Metodologi Penel. Pendidikan I 3
3 KIT-330-3 Perencanaan Sistem KI 3
4 KIT-342-2 Psikologi Pendidikan 2
5 KIT-225-2 Tafsir 2
6 KIT-345-3 Statistik Pendidikan 3
7 KIT-340-2 Filsafat Pendidikan Islam 2
8 KIT-347-3 Administrasi & Supervisi Pendidikan 3
9 KIT-344-2 Filsafat Ilmu 2
10 KIT-453-2 Ilmu Komunikasi* 2
Jumlah 25
SEMESTER V
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-338-3 Tafsir Ayat Tarbawy 3
2 KIT-339-3 Hadits Tarbawy 3
3 KIT-220-3 Metodologi Penelitian Pendidikan II 3
4 KIT-346-3 Strategi Pembelajaran 3
5 KIT-337-2 Pengembangan Evaluasi Pendidikan 2
6 KIT-336-2 Desain Pembelajaran 3
7 KIT-334-3 Manjemen Lembaga Pendidikan Islam 3
8 KIT-559-2 Pendidikan Multikultural* 2
9 KIT-451-2 Etika Pendidikan Islam* 2
Jumlah 24

SEMESTER VI
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-222-3 Guidance & Counseling 3
2 KIT-348-2 Ideologi & Politik Pendidikan 2
3 KIT-349-2 Perband Pendidikan di Negara Islam 2
4 KIT-350-2 Kepemimpinan dalam Pendidikan 2
5 KIT-450-3 Pengajaran Mikro 2
6 KIT-559-2 Sosiologi & Antropologi Pendidikan* 2
7 KIT-335-2 Manajemen Perpustakaan* 2
8 KIT-221-2 Psikologi Islam* 2
Jumlah 16

SEMESTER VII
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-332-3 Pemikiran Pendidikan Islam 3
2 KIT-341-2 Pembaharuan dalam Pendidikan Islam 2
3 KIT-457-6 PPL & KKN Terpadu 6
4 KIT-343-2 Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia* 2
Jumlah 13

SEMESTER VIII
No Kode Matakuliah SKS
1 KIT-458-6 Skripsi 6
Jumlah 6

Rekapitulasi Beban Studi Mahasiswa Program S-1 Jurusan Kependidikan Islam :
1. Matakuliah wajib = 136 SKS
2. Matakuliah eleksi = 20 SKS
Semester Matakuliah SKS
I 7 20
II 9 22
III 10 21
IV 10 23
V 9 23
VI 8 16
VII 4 15
VIII 1 6
Jumlah 50 146



A. Kesimpulan
Isi dokumen kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,



DAFTAR PUSTAKA

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologi Ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001

Hamid Hasan, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya ,2004,

Mulabbiyah, Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada SMA Negeri Di Kabpaten Lombok Timur, Yogyakarta: Program Stud Pneitian dan Evaluasi pendidikan Program pasca Sarjana
UNY, 2006,

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000

Nana Sudjana, Pembinaan dan Pengembanagn Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Algensindo,1996

Oemar Hamalik, Managemen pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja
Rosdakarya,2008

Pokja Akademik, Kerangka Dasar Keilmuan & pengembangan kurikulum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalaijaga Yogyakarta, Yogyakarta: Pokja kademik, 2006

______________, Kompetensi Program Studi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta,Yogyakarta: Pokja Akademik,2006

______________, Buku Kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta: Pokja Akademik 2005

Suharsimi Arikunto dan Safrudin Cepi, Evaluasi Program Pendidikan pedoman teoritis praktis Bagi Praktisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,2004.

Universtas Islam Negeri, Prosedur Pembelajaran Desain dan Pengendaalian Kurikulum Strata- 1 dan D-3, hlm 1

Waridjan dkk, Pengembangan Kurikulum Dan Sistem Instruksional, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendera Pendidikan Tinggi proyek pengembangan Lembagga p

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar